Mang Acew Yaitu Blog Yang Berbagi Seputar Dunia Harga Tiket, Seperti Harga Tiket Bus. Harga Tiket Kereta, dan Juga Tiket Objek Wisata.

Kamis, 25 Februari 2016

Lokasi Teras Cikapundung Bandung

loading...

Lokasi Teras Cikapundung Bandung - Sungai Cikapundung merupakan sungai yang membelah Kota Bandung. Di kawasan ini terbentang Sungai Cikapundung dari Bandung Utara hingga Bandung Selatan lalu bermuara di Sungai Citarum. Sungai ini berhulu di daerah Lembang (Curug Ciomas). Sungai ini pun melewati kawasan Babakan Siliwangi. Tempat lain yang dilewati oleh sungai ini yaitu kawasan pusat bisnis di tengah Kota Bandung, yakni kawasan Braga/Viaduct dan Alun-alun Bandung (sebelah gedung PLN).

Konsep urban dan ekologi dibuat disepanjang aliran Sungai Cikapundung oleh Ridwan Kamil. Ruang publik ini telah dibuka pada penghujung Desember 2015 dan kemudian diresmikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum bersama Pemkot Bandung pada pertengahan Januari 2016.

Teras Cikapundung diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Bandung maupun para wisatawan. Lokasinya di kawasan Babakan Siliwangi yang dekat dengan gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) , dimana tempat ini merupakan sebuah hutan kota yang dulu lebih dikenal sebagai basecamp para seniman Bandung. Disini dulu pernah ada sanggar seni hingga rumah makan. Namun, lama kelamaan tidak terurus.

Lokasi Teras Cikapundung Bandung


Pada pertengahan 2013 pernah ada gerakan "Save Babakan Siliwangi". Dimana, puluhan seniman dan ratusan warga Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa ini secara besar-besaran menentang rencana pembangunan kawasan konservasi Babakan Siliwangi (Baksil) oleh salah satu pengembang. Tetapi saat ini Babakan Siliwangi kembali menggeliat dengan ditata oleh pihak Pemkot Bandung. 

Beberapa Fasilitas di Teras Cikapundung

1. Jembatan Merah
Adanya Jembatan Merah menjadi Ciri khas Sungai Cikapundung. Dengan warna eye catching yakni merah yang jadi penghubung di antara bantaran Sungai Cikapundung. Lalu, ada juga terasering yang bisa dipakai untuk duduk-duduk atau nonton ke arah amphitheater.

2. Amphitheater
Amphitheater tetap memperhatikan tata kelola lingkungan yang baik karena diusung dengan konsep ekologi. Disini dibuat sumur resapan yang berjumlah 15 buah. Disini juga pohon banyak ditanam dan. Masyarakat dapat melakukan pertunjukan di amphitheater atau bisa juga sebagai tempat nonton bareng.

3. Air Mancur
Kalau air mancur sudah tak asing lagi. Disini ada beberapa lubang yang mengeluarkan air mancur. Disini pun tak kalah dengan di Cikapundung riversport. Letaknya berada dekat dengan Jembatan Merah, pas banget buat nongkrong.

Akses Ke Lokasi Teras Cikapundung
1. Dari Jalan Ir. H. Juanda (Dago) di simpang lima belok kiri ke Jln. Sumur Bandung, pas pertigaan ambil arah kanan ke Jln. Tamansari kemudian belok kiri ke arah Jalan Siliwangi/kawasan Babakan Siliwangi.
2. Dari Jln. Cihampelas, ambil ke arah Jln. Ciumbuleuit, di pertigaan belok kanan ke Jln. Siliwangi (jalan ke arah stopan simpang Dago)

Satu hal yang harus anda ingat jika ingin datang kesini, fasilitas publik ini tetap harus dijaga bersama. Jangan sampai corat coret, buang sampah sembarangan, atau bahkan dijadikan tempat yang tidak-tidak. Destinasi wisata Sungai Cikapundung dengan konsep taman kota ini masih terus dibenahi. Pembukaan awal dijadikan sebagai bahan evaluasi. Tempat ini langsung ngehits di media sosial. Hasil evaluasi dari sini bisa berupa pembenahan tata kelola maupun renovasi/pembangunan beberapa fasilitas. 

Jika anda membawa kendaraan kesini, disarankan parkir di dalam Babakan Siliwangi atau Sabuga. Karena pada hari biasa pun terkenal macet, apalagi jika banyak yang datang ke tempat ini dengan membawa kendaraan.

Itulah sedikit hal mengenai Lokasi Teras Cikapundung Bandung yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membantu anda untuk menuju ke lokasi.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Lokasi Teras Cikapundung Bandung

0 komentar:

Posting Komentar