Mang Acew Yaitu Blog Yang Berbagi Seputar Dunia Harga Tiket, Seperti Harga Tiket Bus. Harga Tiket Kereta, dan Juga Tiket Objek Wisata.

Sabtu, 07 November 2015

Tiket Masuk Gunung Slamet Terbaru

loading...

Tiket Masuk Ke Gunung Slamet Terbaru - Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia dengan ketinggian 3.428 meter dpl. Gunung ini terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Di Jawa Tengah, Gunung ini menjadi gunung tertinggi, sementara untuk kawasan Pulau Jawa menjadi Gunung Tertinggi kedua setelah Gunung Semeru. Kawah empat merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.

Gunung Slamet sudah cukup terkenal dikalangan para pendaki sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Pada bagian kaki gunung ini terletak sebuah kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas. Jaraknya hanya sekitar 15 km dari Purwokerto.



Sama halnya dengan gunung-gunung api lain yang ada di Pulau Jawa, Gunung Slamet terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia pada Lempeng Eurasia di selatan Pulau Jawa. Retakan pada lempeng membuka jalur lava ke permukaan. Sejak abad ke-19 Gunung Slamet pernah terjadi letusan. Gunung Slamet aktif dan sering mengalami erupsi skala kecil. Aktivitas terakhir yaitu pada Agustus 2015. Sebelumnya Gunung Slamet tercatat meletus pada tahun 1999.

Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM (Energi dan Sumberdaya Mineral) menyatakan status Gunung Slamet, Jawa Tengah, diturunkan dari level II (Waspada) ke Level I (Normal) mulai tanggal 8 September 2015 pukul 17.00 WIB kemarin, shingga para pendaki sudah diizinkan kembali untuk menaiki gunung ini.

Ada sebuah cerita legenda Gunung Slamet yang sudah menjadi turun temurun. Nama slamet diambil dari bahasa Jawa yang artinya selamat. Nama Slamet ini diberikan karena dipercaya gunung ini tidak pernah meletus besar dan memberi rasa aman bagi warga sekitar. Berdasrkan kepercayaan warga sekitar, apabila Gunung Slamet sampai meletus besar maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian.

Jalur Pendakian Gunung Slamet

Ada beberapa jalur pendakian untuk mendaki ke Gunung Slamet. Jalur pendakian standar yaitu dari Blambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Sedangkan jalur populer lain yaitu dari Baturraden dan dari Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari di Kabupaten Pemalang. Jalur lain yang bisa dilewati adapula yang baru saja diresmikan tahun 2013 lalu, yaitu jalur Dhipajaya yang terletak di Kabupaten Pemalang.

Jika anda Mendaki ke Gunung Slamet maka sepanjang rute pendakian anda tidak akan menemukan air, sehingga gunung ini terkenal sulit didaki. Para Pendaki disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah. Selain itu kabut juga menjadi faktor penyulit lainnya. Di Gunung Slamet Kabut sangat mudah berubah-ubah dan pekat.

Satu lagi jalur pendakian yang bisa anda lalui yaitu melalui obyek wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal. Walaupun terjal, rute ini menyajikan pemandangan yang paling baik. Kawasan Guci dapat ditempuh dari Slawi menuju daerah Tuwel melewati Lebaksiu.

Tiket Masuk Gunung Slamet Terbaru

Jika anda sudah sampai di Tempat ini, maka anda akan menemui sebuah Organisasi Pecinta Alam yang bernama KPA-Slamet yang ditugaskan untuk menjaga areal pendakian ke Gunung Slamet. Disini anda diharuskan melakukan pendaftaran dan membayar Tiket Masuk sebesar Rp. 10.000/orang.

Sekian informasi mengenai Tiket Masuk Gunung Slamet Terbaru. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tiket Masuk Gunung Slamet Terbaru

0 komentar:

Posting Komentar