Mang Acew Yaitu Blog Yang Berbagi Seputar Dunia Harga Tiket, Seperti Harga Tiket Bus. Harga Tiket Kereta, dan Juga Tiket Objek Wisata.

Kamis, 08 Oktober 2015

Tiket Masuk Gunung Lawu Terbaru

loading...

Gunung Lawu adalah gunung yang berada di antara wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tiket Masuk Gunung Lawu yang murah dan keindahaannya menjadi daya tarik para pecandu ketinggian. Kebanyakan para pendaki banyak yang melakukan pendakiannya lewat Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur dan Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah. Ketinggian Gunung Lawu yaitu 3256 mdpl.



Gunung Lawu adalah tempat yang paling disakralkan bagi masyarakat jawa. Petilasan dan makam-makam peninggalan kerajaan Majapahit disini bakal anda temukan. Sampai sekarang pun Gunung Lawu merupakan tempat yang tak terpisahkan secara spiritual bagi Keratonan Solo. Bagi para pendaki Gunung ini terkenal dengan suhu dinginnya yang lebih dingin diantara gunung-gunung lain di jawa. Selain itu disini anda akan menemukan bunga Edelweiss berwarna ungu jika beruntung menemukannya. Di bagian bawah saya akan bahas tentang Tiket Masuk Gunung Lawu beserta perjalanannya

Biaya Yang Bisa Diperkirakan

Jika anda berangkat dari terminal Bus Solo anda tinggal naik bus jurusan Tawangmangu dan berhenti di terminal Karang Padan dengan, Tarifnya Rp7.500. Dari sini anda lanjutkan perjalanan menuju Pasar Kemuning naik Bus tanggung type 3/4 pintu satu dengan tarif Rp 4.000. Setelah sampai di Pasar Kemuning anda tinggal naik ojek menuju lokasi wisata candi CETHO dengan tarif Rp 15.000. Nah pendakian Gunung Lawu dimulai dari sini. Tiket masuk / registrasinya hanya dikenakan Rp.5.000 per orang.

Perijinan Pendakian

Jika anda akan mendaki Gunung Lawu tidak ada perijinan khusus yang harus dipenuhi. Biaya registrasi Rp.5.000 tadi sudah menjadi retribusi bagi pengelola hutan. Para pendaki hanya perlu memperhatikan beberapa pantangan yang tertera jelas di samping pintu masuk jalur pendakian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Estimasi Waktu Pendakian


  • Jalur Cemoro Sewu 6 – 7 Jam
  • Jalur Cemoro Kandang 8 – 9 Jam

Sekilas Pendakian

Pertama anda masuk ke jalur pendakian, jalur masih cukup landai dengan batuan yang telah tertata dengan rapi. Sepanjang jalur pendakian kita akan menemukan batuan seperti itu sampai kita tiba di daerah Sendang Drajat. Perjalanan awal anda akan ditemani dengan hutan pinus yang cukup lebat. Setelah anda berjalan sekitar 60 menit, anda akan melewati beberapa ladang sayuran milik warga sekitar.

Sedikit demi sedikit jalur pendakian akan menanjak, dan anda akan memasuki kawasan hutan. Pos 1 akan anda temui setelah berjalan lagi sekitar 60 menit. Di tempat ini terdapat warung yang menyediakan kebutuhan makanan para pendaki. Mungkin disinilah keunikan gunung lawu yang membedakan dengan gunung lain, dimana anda tidak perlu membawa banyak logistik karena banyaknya terdapat warung sepanjang jalur. Warung yang paling terkenal disini adalah Warung Mbok Yem di ketinggian 3100 mdpl.

Di Pos sendang drajat ini, anda bisa jadikan tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam. Disini terdapat mata air, warung, sebuah goa buatan kecil, dan toilet walaupun dengan keadaan kotor dan tidak terawat.

Setelah bermalam di Sendang Drajat, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Puncak Lawu. Dengan estimasi waktu kurang lebih 60 menit anda akan segera sampai di Puncak Lawu atau Hargo Dumilah. Untuk menuju Hargo Dumilah ada beberapa jalur yang bisa dilewati. Jika anda melewati jalur sisi barat. Jalur cukup curam dengan kiri kanan pohon cantigi dan selingan indah bunga edelweiss

Jika anda sampai di Puncak Lawu atau Hargo Dumilah anda akan melihat sebuah tugu, disini anda dapat menikmati pemandangan indah. Samudra awan akan terlihat dan bergulung dibawah anda berada. Gunung Merapi & Merbabu tampak gagah di sisi barat.

Setelah turun dari puncak anda bisa kembali menjelajah kawasan lawu. Tujuan kedua yang bisa anda datangi adalah pasar setan, Katanya bagi orang jawa tempat ini adalah tempat pusat kegiatan makhluk halus dan terdapat petilasan yang sering digunakan untuk bersemedi. Aura mistis didukung dengan kabut, suhu dingin, dan sepinya keadaan menjadi bumbu di tempat ini. Banyak batu-batu yang tersusun rapih di tempat ini yang menyerupai tempat berjualan.

Demikian artikel tentang Tiket Masuk Gunung Lawu Terbaru. Semoga bermanfaat

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tiket Masuk Gunung Lawu Terbaru

0 komentar:

Posting Komentar